01/04/09

TERMEHEK-MEHEK"


Setelah pernyataan publik yang diberikan oleh Helmy Yahya di Ajang Panasonic Award, sesaat setelah pengukuhan acara reality show "TERMEHEK-MEHEK" yang ditayangin Trans Tv meraih satu dari sejumlah award yang berhasil didapatkan. Banyak orang yang mempertanyakan arti dari "Termehek-mehek"itu apa. Karena kata tersebut memang bukanlah sesuatu yang asing di telinga penduduk Medan terlebih masyarakat Batak.

Awal dari acara Termehek-mehek ditayangin di TV, sebenarnya kata itu bukanlah sesuatu yang asing bagi saya pribadi. Tapi karena acaranya lebih banyak mengandung unsur sedih dan air mata. Saya pun berfikir mungkin itu bukanlah bahasa yang sering digunakan atau dipakai di sekitar saya, mungkin saja kata itu mengandung makna lain. Jadi tidak terlalu mempermasalahkannya, mengingat memang Kualitas acara tersebut masih sangat diminati oleh pemirsa Trans TV. Dan Konsepnya juga bagus, dan mengundang simpatik dari masyarakat.

Namun, setelah malam penganugerahan Panasonic Award berlalu, pernyataan tersebut menjadi bahan perbincangan di kalangan masyarakat.
"Ternyata kata termehek-mehek itu bahasa medan ya, Bahasa apa??" Itulah yang menjadi bahan pertanyaan nya.
Bagi sebagian masyarakat yang mengerti, dalam hal ini masyarakat Batak Toba, kata termehek-mehek itu lebih banyak diapakai untuk menyatakan seseorang yang tertawa terbahak-bahak atau bahkan tertawa berlebihan sampai orang tersebut kelelahan. dalam arti tertawa yang susah untuk dikendalikan, sangking senangnya. Mungkin itulah artinya, walau mungkin juga tidak sesempurna arti yang sebenarnya.

Arti itu sangat jauh dari kenyataan yang diangkat acara "Termehekmehek" di Trans TV, karena unsur yang paling utama yang ingin disampaikan dalam acara itu adalah perjuangan dan air mati serta perselisihan yang sangat jauh dari unsur "TAWA"
Apalagi sampai harus tertawa "Termehekmehek"

Tapi apapun itu, Kata Termehekmehek memang unik kedengarannya, yang mungkin diartikan lain oleh sebagian orang, atau mungkin tidak diambil dari Bahasa Batak, karena Medan juga didiami oleh beberapa suku, yang memiliki bahasa yang berbeda-beda.

1 komentar:

  1. SeTuju,..
    Tapi skrag Tu Gak Ngaruh Lagi,.Soalnya da trlnjur Cinta Orang Ma TMEhek2

    BalasHapus

Anda yang Ke....